Image result for investasi apartemen

Apartemen dapat dikatakan sebagai properti paling favorit. Salah satu faktor utama karena harga yang selalu naik. Jadi, jangan heran jika masyarakat lebih memilih mengembangkan harta kekayaan melalui investasi apartemen. Beberapa daerah menyediakan unit apartemen seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lainnya sangat diminati.

Investasi ini juga memerlukan hitung-hitungan agar tidak merugi. Menyoal kenaikan harga apartemen juga berdasarkan Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) oleh penetapan pemerintah setempat. Mari simak lengkap mengenai tips-tips hingga perbedaan investasi rumah dengan apartemen berikut ini.

Apa Itu Investasi Apartemen?

Image result for investasi apartemen

Investasi apartemen dapat digolongkan sebagai investasi properti jangka panjang terbaik selain investasi rumah. Pembeli atau investor apartemen merasakan keamanan karena strategi pemasaran “tiap Senin harga naik” pada berbagai iklan. Pengaruhnya beberapa masyarakat bergegas membeli unit apartemen baik secara kredit maupun debit.

Investasi ini sangat menggiurkan asalkan dilakukan berdasarkan perhitungan yang pas. Keuntungan yang diperoleh dapat dioptimalkan karena sudah terbukti investasi apartemen menguntungkan.

Tips Investasi Apartemen Menguntungkan

Image result for investasi apartemen

Sebelum mempercayakan kekayaan Anda pada investasi unit apartemen, tinjau berbagai tips berikut ini. Ada beberapa hal penting untuk diperhatikan karena mempengaruhi nilai jual-beli atas investasi.

1. Lokasi Apartemen

Semua jenis properti sebelum dibangun atau dibeli tentu akan mempertimbangkan lokasi yang strategis. Lokasi apartemen dapat dikatakan sebagai kunci ketika Anda ingin berinvestasi. Sebaiknya pilih apartemen yang letaknya strategis dan peningkatan harga di masa deoan.

Apartemen tidak selalu dijual kembali, Anda dapat menyewakan apartemen kepada orang lain. Apabila terletak dilokasi strategis sudah pasti harga sewanya tinggi. Lokasi strategis dapat dilihat dari letaknya berdekatan dengan jalan raya, fasilitas umum, dan tidak jauh dari akses jalan.

Pertimbangkan pula target pasar yang ingin dituju untuk menyewa atau membeli apartemen. Seperti target pasar karyawan, keluarga, pelajar, atau mahasiswa. Anda dapat memperkirakannya dari fasilitas umum yang berada didekat apartemen. Bagi target mahasiswa hendaknya berada didekat kampus, perpustakaan, maupun toko buku. Sementara, target karyawan atau pengusaha akan lebih baik jika disekitar apartemen merupakan kawasan bisnis.

2. Fasilitas Apartemen

Memilih apartemen tidak hanya karena kemegahan bagunan dan harganya. Anda juga perlu mempertimbangkan fasilitas-fasilitas yang tersedia dan menunjang calon penghuninya. Banyak apartemen menawarkan fasilitas standar, diantaranya koneksi internet, meja belajar, lemari, dan perabotan lainnya. Terlebih lagi beberapa orang ingin memperoleh fasilitas instan yang mempermudah perpindahan ke apartemen Anda.

Apartemen di kota besar seperti Jakarta sering kali menyediakan fasilitas olahraga dan kebutuhan harian. Contohnya pusat belanja, klinik, apotek, gym, dan kolam renang. Perhatikan pula bagaimana fasilitas listrik dan air apakah berjalan dengan lancar. Hal inilah menjadi faktor apartemen Anda diminati calon penghuninya.

3. Pengembang yang Terjamin

Ketika ingin membeli apartemen tidak perlu terbujuk rayu dengan harga rendah. Anda haru melihat track record dari developer apartemen, baik atau tidak. Sehingga, Anda tidak tertipu dengan developer apartemen yang kredibilitasnya kurang. Tidak jarang para penghuni apartemen mengeluh karena developernya meninggalkan begitu saja setelah melakukan transaksi.

Developer yang baik dan profesional akan selalu memperhatikan pembangunan apartemen. Misalnya suasana apartemen tetap terkendali dan terkontrol setelah pembangunan. Umumnya developer properti ternama mennyediakan jaminan mutu untuk para pembeli unit apartemen.

Cobalah lihat track record developer dari apartemen maupun properti lainnya yang pernah dibangun. Buatlah perbandingan dari proyek developer sebelumnya apakah sukses dan terjaga dengan baik. Apabila developer selalu menjaga kualitasdan kenyamanan penghuni dari properti sebelumnya, artinya mereka profesional dan bertanggung jawab.

4.Beli Sesegera Mungkin

Harga apartemen memang selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Hal inilah yang membuat developer maupun marketing menggembor-gemborkan ‘naik setiap hari Senin’. Namun, jika ingin melakukan investasi apartemen tidak perlu terburu-buru membelinya. Tetap pertimbangkan fasilitas dan kredibilitas serta faktor lokasi agar apartemen tidak sulit dijual atau disewakan.

Disamping itu, tidak ada salahnya membeli unit apartemen ketika harga yang ditawarkan masih murah. Semakin cepat membeli, keuntungan diperoleh akan mengalami kenaikan signifikan. Apabila Anda menunda-nunda pembelian apartemen, ada kemungkinan memperoleh harga tinggi dan akhirnya keuntungan diperoleh tidak begitu besar.

Pilih Investasi Apartemen Atau Rumah?

Apartemen dan rumah sama-sama properti untuk hunian manusia yang tidak pernah sepi peminat. Jika ada pilihan untuk investasi apartemen atau rumah dapat membingungkan karena keduanya menawarkan keuntungan tinggi.

Anda dapat meninjau kelebihan dan kekurangan investasi kedua properti ini untuk meminimalisir kerugian di masa depan. Alih-alih untung malah buntung. Sadari pula bahwa tiap jenis investasi, tidak hanya properti ada kelebihan dan kelemahannya.

Kelebihan dan Kelemahan Investasi Rumah

Image result for investasi rumah

Beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan ketika berinvestasi rumah, antara lain:

  • Penjualan lebih mudah karena selalu dicari.
  • Transaksi pembelian fleksiel dapat dilakukan beli secara tunai maupun kredit.
  • Dapat dijadikan jaminan kredit untuk peminjaman di bank.
  • Harga sewa rumah lebih tinggi, terutama jika bangunan luas dan bagus.
  • Kenaikan harga sewa rumah setiap tahun sangat signifikan.

Sementara itu, beberapa kekurangan yang hendaknya diperhatikan dari investasi rumah, yakni:

  • Bangunan selalu mengalami penyusutan nilai sampai 10% setiap tahunnya. Hal ini membuat pemilik rumah harus melakukan renovasi agar nilai jual tetap naik.
  • Perlu menggunakan asuransi kebakaran sebagai upaya berjaga-jaga.
  • Umumnya membayar biaya perawatan lingkungan seperti kebersihan dan biaya keamanan.
  • Apabila disewakan, penyewa harus bertanggung jawab karena rumah rentan tak terurus dan cepat rusak ketika disewakan.

Kelebihan dan Kelemahan Investasi Apartemen

Berikut ini kelebihan yang Anda dapatkan saat berinvestasi pada unit apartemen, antara lain:

  • Apabila membeli apartemen tipe studio biasanya harga lebih murah dibandingkan rumah tapak tipe 45.
  • Fasilitas umum yang disediakan komplit, seperti pusat kebugaran, kolam renang, kesehatan, hingga pusat perbelanjaan.
  • Unit apartemen yang disewakan harganya lebih tinggi dibandingkan harga sewa rumah.

Sedangkan, beberapa kelemahan apabila melakukan investasi apartemen untuk disewakan maupun dijual, yakni :

  • Memerlukan biaya rutin, seperti perawatan dan listrik yang lebih mahal daripada rumah.
  • Untuk jaminan kredit di bank nilainya rendah.
  • Tidak memiliki hak guna bangunan karena apartemen berdiri tidak langsung di atas tanah.
  • Luasnya lebih kecil daripada rumah.
  • Renovasi terbatas karena hanya bagian interior yang dapat diubah.
  • Ditemukan masalah unit lain merembes ke unit sendiri, contohnya pipa air dari unit yang berada di atas apartemen mengalami kebocoran. Akibatnya tembok apartemen menjadi rusak dan retak.
  • Nilai return terbilang kecil, pasalnya membutuhkan biaya rutin tinggi.

Kesimpulan

Investasi apartemen dapat dikatakan sebagai investasi terbaik karena keberadaan tanah yang terbatas karena diberikan hak milik tanah. Apartemen menjadi solusi karena berbagai keuntungan yang ditawarkan. Selain itu, kelemahan dari investasi unit apartemen dapat diatasi dengan kreatifitas pemiliknya. Anda juga dapat mengikuti berbagai tips-tips investasi apartemen menguntungkan sehingga memperkecil resiko kerugian.