Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang, tapi sayangnya semakin tinggi permintaan rumah di zaman modern ini tidak diimbangi dengan pasokan rumah yang masih jauh dibawah permintaan. Tak heran jika sebagian orang lebih memilih membeli rumah bekas sebagai alternatif daripada membeli rumah baru.

Namun ternyata membeli rumah bekas tidak semudah yang kita pikirkan, sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu rumah, Anda harus memastikan agar rumah tersebut tidak bermasalah dikemudian hari.

Karena itu, dibawah ini merupakan tips membeli rumah bekas yang bisa diterapkan bagi Anda yang sedang mencari hunian untuk keluarga tersayang.

Tangan Pertama

Tips pertama yang juga merupakan salah satu bagian terpenting adalah membeli rumah bekas tanpa perantara, atau melalui tangan pertama yaitu pemilik rumah itu sendiri. Hal ini sangat disarankan karena ketika kita membeli melalui pemilik rumah tersebut, kita bisa langsung bertanya mengenai kelebihan dan kekurangan pada bangunan rumah dan bagian-bagian lain.

Selain itu, jika Anda membeli melalui pemiliknya langsung, Anda juga bisa bebas bernegosiasi masalah harga rumah tersebut.

Lokasi Rumah

Setelah Anda menemukan rumah idaman dan bisa bertemu langsung dengan pemilik rumah, pertimbangkan juga lokasi rumah tersebut. Anda harus mempertimbangkan beberapa aspek penting seperti akses transportasi, jarak rumah dengan Rumah Sakit atau fasilitas umum lainnya. Dan yang tak kalah penting adalah pastikan juga lokasi rumah bekas yang akan Anda beli bukan berada di daerah rawan musibah seperti banjir dan tanah longsor.

Usia Bangunan

Jika Anda sudah cocok dengan lokasi rumah yang akan Anda beli, faktor selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah usia bangunan. Anda bisa bertanya ke pemilik rumah berapa usia bangunan rumah tersebut.

Jika bangunan rumah sudah berdiri lebih dari 20 tahun, maka rumah tersebut termasuk bangunan tua, kurang dari itu bisa disebut bangunan baru. Semakin tua suatu bangunan maka kualitasnya juga semakin turun. Karena itu lebih disarankan untuk mencari rumah bekas dengan bangunan yang tidak terlalu tua

Tanyakan juga apakah rumah tersebut pernah direnovasi atau tidak, dan kapan terakhir kali direnovasi.

Lingkungan Rumah

Pastikan juga rumah yang akan Anda beli berada di lingkungan yang nyaman, ramah dan kondusif, cek juga kondisi penerangan jalan ketika malam hari. Pastikan juga rumah tidak berada di lingkungan yang rawan kejahatan.

 

Legalitas

Dari seluruh tips diatas, ini adalah tips paling penting. Jika Anda sudah menemukan rumah yang Anda cari lalu sudah mempertimbangkan alasan alasan diatas, Anda juga harus mengecek kelengkapan surat rumah tersebut.

Cek SHM dan IMB rumah tersebut, pastikan nama di SHM sama dengan nama pemilik yang Anda temui saat itu.

Anda bisa menerapkan tips-tips diatas ketika akan membeli rumah bekas agar Anda tidak menyesal dikemudian hari.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *