Menentukan harga jual rumah memang sangatlah penting agar Anda tidak rugi dan agar rumah cepat laku. Sama halnya dengan emas, setiap tahunnya harga properti juga selalu naik apalagi jika berada di kawasan berkembang. Untuk menjual rumah dengan cepat memang membutuhkan beberapa kiat dan tips.Berikut adalah beberapa cara untuk menentukan harga jual rumah yang baik, agar rumah cepat laku terjual. Orang yang akan beli rumah pasti memperhitungkan juga hal berikut ini :

Berpatokan pada NJOP

Setiap tahunnya pasti Anda menerima PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dimana pada lembaran tersebut tercantum nilai NJOP atau Nilai Jual Objek Pajak. NJOP ini menjadi patokan dasar nilai jual suatu tanah dan bangunan. Tapi realitanya banyak orang menjual dengan harga 2-3 kali lipat dari nilai NJOP. Nilai NJOP tersebut hanya menjadi patokan dasar harga jual seuatu properti, karena itu jangan sampai Anda menjual rumah dibawah nilai NJOP agar tidak rugi.

Cek Harga Pasaran

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan berpatokan pada harga pasaran rumah di daerah tersebut. Anda bisa bertanya ke masyarakat sekitar mengenai perkembangan harga tanah atau jika Anda tinggal di perumahan, Anda bisa bertanya ke developer perumahan tersebut. Tapi ingat, harga pasaran bukanlah faktor utama.

Kondisi rumah apakah layak huni atau tidak adalah faktor paling penting yang dapat mempengaruhi harga jual, jadi sebelum memutuskan untuk menjual rumah, tidak ada salahnya untuk melakukan sedikit renovasi agar rumah Anda terlihat lebih layak huni.

Berdasarkan Biaya Perawatan dan Keuntungan

Anda bisa menghitung biaya yang sudah dikeluarkan selama ini, mulai dari saat Anda membeli rumah tersebut hingga renovasi yang sudah dialami ditambah dengan nilai investasi atau keuntungan. Menurut pakar properti, rata-rata setiap tahunnya harga properti naik berkisar antara 15-20%.

Misal kita ambil 20% dari nilai kenaikan harga properti, Anda bisa menjumlahkan harga beli pertama kali ditambah biaya renovasi kemudian dikali 20%. Anggap saja Anda membeli rumah tersebut seharga 150 juta, ditambah dengan biaya renovasi yang Anda alami selamai ini sekitar 50 juta. Maka total jumlahnya 200 juta. Kemudian dikalikan setahun 200 + (20% x 200) = 240 juta. Artinya Anda bisa mendapatkan keuntungan 40 juta dari penjualan rumah Anda.

Menggunakan Jasa Agen

Jika Anda tidak ingin repot menghitung, Anda bisa menggunakan jasa agen properti dimana mereka tentu lebih paham mengenai harga jual rumah Anda. Tapi Anda harus mencari agen yang benar-benar memiliki reputasi baik. Biasanya agen akan meminta komisi dari hasil penjualan sekitar 2,5% saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *